[Review Film Korea] On Your Wedding Day 2018

[Review Film Korea] On Your Wedding Day 2018 - Beberapa waktu yang lalu sudah tayang film Korea dengan genre drama, komedi dan romantis. Sebenarnya saya sendiri sedikit anti atau kurang menyukai film Korea. Namun saya dibuat penasaran karena rating film ini di situs review film cukup bagus sekitar bintang 8/10. Meskipun di IMDb hanya mendapatkan bintang 6.8/10.

Ketika menonton film ini saya sendiri tidak membaca review film. Saya juga tidak terlalu mengenal siapa pemeran difilm ini. Namun saya melihat bahwa pemeran perempuan yang ada di film tersebut tidak asing di dunia film Korea. Saya tertarik dengan judul yang unik, yang memiliki makna lebih kurang seperti ini "di hari penikahanmu". Secara tidak langsung ini menggambarkan bahwa sepasang kekasih tersebut tidak bisa bersama dan salah satunya menikah dengan orang lain. Pokoknya ini cerita tentang orang yang ditinggal nikah, yang mana fenomena ini sering sekali saya temukan. Inilah yang membuat saya tertarik.

Singkat kata saya pun menonton film On Your Wedding Day ini sendiri tepatnya pada malam minggu. Saya sendiri memilih untuk menonton film semacam ini sendiri, karena saya agak malu juga nonton film Korea tapi diketahui oleh teman-teman saya yang lain haha.

Isi Filmnya On Your Wedding Day 2018

Film ini bercerita tentang seorang laki-laki yang ketika itu masih sekolah. Si laki-laki ini cukup nakal dan dihukum oleh gurunya. Namun tiba-tiba seorang siswa baru masuk kesekolah itu. Siswa baru itu cantik, banyak siswa lain yang ingin mendekat. Sampai suatu ketika laki-laki tersebut berhasil mendekati perempuan hingga terjadi hubungan tanpa status. Kemana-mana selalu berdua namun tidak ada status yang jelas antara keduanya. Meskipun keduanya sama-sama memiliki rasa yang sama yaitu nyaman.

Laki-laki ini awalnya adalah siswa yang nakal. Namun sejak mengenal dan dekat dengan perempuan tersebut dia menjadi lebih baik. Mau belajar dan mulai memikirkan masa depan. Ya meskipun dilain waktu keduanya sering cabut dan kelayapan diluar sekolah. Keduanya berteman cukup lama, namun laki-laki tersebut tidak tau jika orang tua si perempuan sering bertengkar sehingga membuat perempuan tersebut sampai tidak sekolah. Sampai pada akhirnya si perempuan pindah entah kemana dan hilang.

Waktu berlalu begitu cepat, akhirnya laki-laki itu pun lulus sekolah namun dia tidak memiliki hasrat untuk melanjutkan kuliah. Sampai suatu ketika dia menemukan poster kampus yang didalamnya terdapat foto gadis yang dikenalnya waktu sekolah dulu. Gadis itu adalah gadis yang dipujanya, cinta pertamanya yang tidak sempat dimilikinya. Seketika di berubah pikiran untuk melanjutkan pendidikan. Tujuannya adalah kampus si gadis tersebut, ya bisa dibilang kampusnya cukup terkenal dan bergengsi.

Dia belajar dengan keras dan sungguh-sungguh. Akhirnya dia lulus dan masuk di kampus tersebut. Padahal awalnya orang tuanya tidak yakin akan lulus dikampus tersebut karena orangnya tau bahwa dia anak yang nakal. Namun dengan ketekunan dia berhasil lulus dikampus itu dan bertemu dengan gadis yang dicarinya selama ini.

Sayangnya si gadis sudah ada punya. Dia pun patah hati. Namun meski begitu dia tetap dekat dan masih sayang dengan si gadis. Meskipun sudah jadi milik orang lain. Singkat cerita mereka pun lulus kuliah dan masing-masing bekerja. Laki-laki itu lulusan jujuran olahraga (kalau tidak salah) sedangkan perempuan lulusan fashion desain atau tata busana. Namun perempuan tersebut memiliki banyak kerjaan sampingan sehingga memiliki banyak pemasukan.

Wajar saja, karena si perempuan memang cantik sehingga sering ditawarkan untuk menjadi model, pembawa acara ditelevisi dan banyak lagi. Namun si laki-laki masih belum bekerja. Mereka tetap dekat dan selalu bersama. Dalam satu kejadian si laki-laki mengalami kecelakaan demi menyelamatkan si gadis. Namun sayang, ada satu sifat yang kurang baik dari si laki-laki yaitu suka sekali mabuk-mabukan. Kelakuan ini sama persis seperti ayah si perempuan. Kalau mabuk pun muncul kata-kata yang kurang bagus.

Si gadis dan laki-laki itupun jadian dan menjalani kehidupan sama-sama. Namun disuatu ketika si laki-laki bercerita dengan temannya bahwa dia menyesal mengenal si gadis. Si gadis itu juga yang menyebabkan dia mengalami kecelakaan, cidera itu juga yang membuat sulit untuk diterima bekerja. Sialnya ucapanya ini didengar oleh si gadis. Sontak saja si gadis langsung minta putus, meskipun laki-laki sudah minta maaf keputusan sudah bulat yaitu tetap putus. Si gadis pun terbang ke Belgia untuk bekerja disana untuk beberapa tahun.

Selang beberapa tahun si gadis pulang ke Korea dan menemuinya. Namun keadaannya sudah berubah, sekarang si laki-laki sudah bekerja sebagai guru olahraga. Si gadis datang mengabarkan bahwa dia akan menikah sebentar lagi. Si laki-laki yang menjadi mantan diundang untuk datang ke pernikahanya. Seketika itu juga, si laki-laki tersebut galau. Pelampiasannya adalah mabuk lagi.

Dia juga berpikir untuk tidak datang kepernikahan sang mantan. Namun kemudian dia berubah pikiran untuk tetap datang. Bersama teman-temannya dia mengatur strategi agar bisa bertemu si mantan. Namun disini dia jauh lebih tegar dan kuat, singkat kata dia telah merelakan si mantan menikah dengan orang lain.


Karakter Pemeran Film On Your Wedding Day 2018

Berdasarkan data yang saya dapatkan dari internet, pemeran film ini adalah.

  • Park Bo-young sebagai Hwan Seung-hee (ini adalah pemeran wanitanya)
  • Kim Young-kwang sebagai Hwang Woo-yeon (ini adalah pemeran laki-lakinya)


Saya sendiri lebi sering melihat pemeran yang perempuannya dibeberapa film korea yang lain, sedangkan pemeran laki-lakinya saya tidak terlalu mengenalinya.


Kesan-Kesan On Your Wedding Day 2018

Menonton film On Your Wedding Day memang banyak adegan romantis namun tidak terlalu panas. Biasanya adegan romantis seperti ini lebih disukai oleh penonton yang perempuan. Latar suasana yang bagus, musik latar yang bagus membuat film ini layak disebut sebagai film drama komedi yang romantis. Film ini juga memiliki alur cerita maju mundur, namun tetap bagus. Saya berharap film Indonesia nanti bisa sebagus ini. Kalau penilaian saya untuk film korea On Your Wedding Day 2018 ini adalah bintang 7.8/10.

Pelajaran yang Bisa Diambil dari Film On Your Wedding Day 2018

Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari film ini diantaranya:

  • Mabuk tidak bisa menyelesaikan masalah
  • Cinta pertama tidak akan menjadi jaminan untuk menikah
  • Pacaran dalam waktu yang lama tidak akan ada jaminan untuk menikah
  • Cinta pertama itu memang memiliki kesan yang luar biasa
  • Cinta bisa memberikan semangat positif dan membuat jadi lebih baik
  • Cinta juga bisa menghancurkan
  • Tetaplah berjiwa besar meskipun mantan menikah dengan orang lain
  • Mantan menikah dengan orang lain tapi datang ke pernikahan tidak membuat keributan
  • Jodoh sudah ada yang mengatur, sekeras apapun usaha kalau bukan jodoh kita tidak bisa apa-apa
  • Jangan pernah mengatakan menyesal karena telah milih pasangan, bagaimana pun dia adalah yang terbaik untuk kita.
  • Satu kesalahan dalam hubungan bisa menghancurkan sebesar apapun perasaan cinta.
  • Selalu ada maaf untuk orang yang disayangi


Video Trailer On Your Wedding Day 2018






Kesimpulannya

Film ini mewakili banyak insan yang pernah jatuh cinta. Kisah yang suguhkan juga berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Cerita difilm ini juga berakhir sedih karena keduanya berakhir dengan perpisahan (menikah dengan orang lain). Intinya melihat film ini agak nyesek juga. Sedih dan bahagia bercampur jadi satu. Andai saya disana, saya tidak akan datang ke pernikahan tersebut. Btw peran perempuan ini cakep dan si doi pernah main film Warewolf Boy dan film korea yang populer lainnya.