Permaisuri Bandung adalah Organisasi Paguyuban Mahasiswa Siak di Bandung

Permaisuri Bandung, Organisasi Paguyuban Mahasiswa Siak di Bandung - Permaisuri Bandung adalah organisasi paguyuban mahasiswa atau pelajar yang berasal dari kabupaten Siak, Riau. Permaisuri Bandung menjadi organisasi yang menjadi tempat berkumpulnya mahasiswa Siak yang ada di kota Bandung. Saat ini sekretariat Permaisuri Bandung terletak di Jalan Kebon Bibit Utara no. 5, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Permaisuri Bandung adalah Organisasi Paguyuban Mahasiswa Siak di Bandung


Lokasi sekretariat cukup strategis karena berada di tengah kota Bandung. Lokasi sekretariat Permaisuri Bandung tak jauh dari Cihampelas Walk (Ciwalk), Institut Teknologi Bandung (ITB), Taman Film, Taman Pasupati (Taman Jomblo), Jembatan Layang Pasupati, dan juga Balubur Town Square (BALTOS). Sehingga mudah untuk menemukan sekretariat Permaisuri Bandung.

Organisasi Permaisuri Bandung ini sudah resmi dan diketahui oleh Bupati Kabupaten Siak. Namun meskipun demikian organisasi Permaisuri Bandung merupakan organisasi kedaerahan yang mandiri. Organisasi Permaisuri Bandung berusaha mengelola keuangan organisasi sendiri secara swadaya dari anggota dan tidak bergantung dari dana yang diberikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Siak.

Sebelumnya Permaisuri Bandung rutin mendapatkan dana organisasi dari pemerintah daerah kabupaten Siak. Namun sejak tahun 2012 Permaisuri Bandung tidak mendapatkan dana dari pemerintah Kabupaten Siak karena kebijakan pemerintah yang baru dikeluarkan. Dalam kebijakan tersebut dijelaskan bahwa organisasi diluar daerah tidak boleh lagi dikasi dana.

Oleh karena itu sebisa mungkin Permaisuri Bandung mengelola dananya sendiri secara swadaya dan berusaha bertahan ditengah keuangan yang menipis. Untungnya lagi ada beberapa orang alumni yang sudah bekerja yang sukarela menyumbangkan dana tambahan untuk membantu keuangan organisasi.

Oleh karena itu sejak saat itu Permaisuri Bandung jarang membuat acara atau kegiatan dalam skala besar, agar menghemat pengeluaran organisasi Permaisuri Bandung. Yang paling penting, Permaisuri Bandung bisa menjadi wadah atau tempat berkumpulnya teman-teman mahasiswa didaerah yang berasal dari Kabupaten Siak.

Permaisuri Bandung merupakan organisasi paguyuban daerah kabupaten yang terbilang kuat. Dapat bertahan dalam beberapa tahun meskipun dana organisasinya sedikit. Diluar sana ada banyak organisasi paguyuban daerah kabupaten/kota yang sudah membubarkan diri karena minimnya keuangan untuk menjalankan organisasi.

Mampu bertahan ditengah keuangan yang sedikit, membuat nama besar Permaisuri Bandung yang notabene organisasi daerah kabupeten bisa sejajar dengan organisasi daerah dari provinsi lain.

Sebagai organisasi yang mewakili kabupaten Siak, Permaisuri Bandung berusaha untuk memperkenalkan budaya melayu Siak di Bandung. Tak jarang pula Permaisuri Bandung mewakili provinsi Riau untuk acara kebudayaan Riau di Bandung.

Sampai sekarang pun Permaisuri Bandung masih berusaha sebisa mungkin untuk membuat acara budaya dalam skala sedang untuk memperkenalkan budaya Melayu Siak di Tanah Sunda (Bandung). Nama acara budaya yang akan digelar oleh Permaisuri Bandung adalah Perak Klasik. Perak Klasik memiliki kepanjangan "Pagelaran Rakyat Kebudayaan Melayu Siak".