Pentingnya press release bagi perusahaan dan startup

Pentingnya press release bagi perusahaan dan startup  - Press release adalah berita, pemberitahuan, informasi yang sudah menjadi fakta mengenai kegiatan tertentu yang dirilis melalui siaran pers, media rilis, dan pernyataan pers dalam bentuk tulisan dan video. Press release bisa digunakan perusahaan khususnya divisi public relation (humas) untuk kepentingan publikasi.

Press release biasanya ditujukan kepada perusahaan media (koran, surat kabar, majalah, dan tabloid), situs berita, blog dan forum online. Press release bisa dikirim dalam bentuk tulisan dan video. Press release yang paling banyak ditemukan tersedia dalam bentuk tulisan atau artikel.

Pentingnya press release bagi perusahaan dan startup



Kegunaan press release bagi perusahaan dan startup


Press release sangat berguna dan memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan. Beberapa kegunaan press release diantaranya adalah,


1. Press release membantu meningkatkan brand awareness perusahaan dan startup

Definisi umum brand awareness adalah kesadaran konsumen mengenai keberadaan suatu merek atau brand. Dengan adanya press release masyarakat selaku konsumen menyadari keberadaan suatu merek atau brand.

Semakin sering membuat press release, semakin banyak liputan media tentang suatu merek atau brand. Banyaknya liputan media dan berita membuat merek atau brand dari satu perusahaan seakan-akan populer dan dikenal oleh banyak orang.

Perlu diketahui bahwa press release ini sering dibuat oleh perusahaan startup, perusahaan besar, dan tokoh publik tertentu.

Mungkin bagi sebagian orang pasti sering mendengar istilah pencitraan. Yups, keberhasilan pencitraan tidak lepas dari yang namanya press release. Sekecil apapun kegiatannya jika dibuatkan press release pasti akan terlihat besar.


2. Press release membantu meningkatkan citra merek perusahaan dibenak konsumen

Perusahaan yang sering membuat press release ke berbagai media akan membuat perusahaan menjadi seakan-akan terkenal. Konsumen juga akan berpikir, beranggapan, atau menilai bahwa perusahaan yang memiliki press release adalah perusahaan besar, hebat dan berpengaruh.


3. Press release sebagai ajang promosi gratis

Mungkin ada sebagia n kecil press release yang berbayar, namun sebagian besar press release gratis tanpa dipungut biaya. Artikel press release akan menjadi tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Press release yang diposting di media online bisa ditemukan dimesin pencari dan bisa dibaca oleh siapapun. Selagi website tersebut hidup, maka artikel press release akan tetap ada.

Pastinya artikel press release menjadi ajang promosi gratis bagi perusahaan manapun. Jika promosi melalui iklan banner berbayar hanya bertahan beberapa waktu saja, artikel press release bisa bertahan selamanya.

Makin untung lagi kalau press release berhasil terbit di perusahaan media ternama seperti Kompas, Detik, Tribunnews, Pikiran Rakyat, Jawa Pos, dan Okezone, Sindonews dan Merdeka.


Cara sederhana membuat press release


Membuat artikel press release sebenarnya sangat mudah. Format penulisan press release mirip dengan penulisan artikel berita. Gunakan bahasa yang sesuai EYD. Jangan lupakan unsur 5W+1H dalam menulis artikel press release.

Hindari press release yang terlalu singkat, minimal 600 kata. Semakin panjang semakin bagus dan berpelung muncul dihalaman pertama mesin pencari. Artikel press release yang panjang lebih disukai dan berpeluang terbit di media online ternama.

Buat artikel press release sendiri, karena kita lebih tahu apa saja informasi yang ingin disampaikan. Jangan menyerahkan sepenuhnya pembuatan artikel press release kepada pihak luar perusahaan. Jika perusahaan memiliki divisi public relation (humas), divisi ini adalah yang paling bertanggung jawab membuat artikel press release.


Cara mudah mengirimkan press release


Jika artikel press release selesai dibuat, kirimkan artikel press release ke perusahaan media (koran, surat kabar, majalah, dan tabloid), situs berita, blog dan forum online yang dituju. Lengkapi press release dengan foto secukupnya.

Pengiriman press release bisa menggunakan email dan fax. Pengiriman press release paling sering menggunakan email. Bagian redaksi dan editor adalah yang paling sering mendapat kiriman artikel press release. Kirimkan press release ke bagian ini.

Jangan mengirimkan press release ke banyak perusahaan media. Pilihlah salah satu atau dua perusahaan media saja. Pilih perusahaan media yang mau menerbitkan artikel press release.


Keberhasilan press release


Banyak orang yang tidak sadar bahwa artikel berita yang mereka baca selama ini adalah press release. Memang benar, press release berbentuk artikel berita. Meskipun hanya sebagai publikasi, tapi press release menjadi media promosi yang ampuh.

Tokoh terkenal seperti Jokowi, Ridwan Kamil, Ahok dan lain sebagainya memanfaatkan press release untuk keperluan publikasi. Meskipun tujuannya untuk publikasi tapi press release berhasil menjadikan tokoh tersebut sebagai tokoh terkenal di Indonesia.

Tak hanya itu perusahaan startup ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, Gojek, Grab dan lainnya juga memanfaat press release untuk kepentingan publikasi. Hasilnya bagaimana? Perusahaan startup ini jadi perusahaan yang memiliki nama besar di kategorinya.

Perlu diingat bahwa keberhasilan dari press release tidak lepas dari tim public relation (humas) yang handal.


Di Bertravel bisa pasang press release


Jika kesulitan mencari perusahaan media dan situs berita siap menerima artikel press release, Bertravel Forum bisa menjadi tempat untuk memposting press release.

Rekomendasi: Artikel lengkap tentang cara memasang artikel press release di Bertravel Forum

(*)