Asal usul nama Kampung Rawang Air Putih di Siak

Asal usul nama Kampung Rawang Air Putih di Siak - Kampung Rawang Air Putih adalah salah satu desa yang cukup berkembang di Siak. Kampung Rawang Air Putih terletak di kecamatan Siak, kabupaten Siak, provinsi Riau. Kampung Rawang Air Putih merupakan kampung yang baru berdiri di Siak. Kampung Rawang Air Putih berdiri sejak tahun 2005.

Konon kabarnya nama Rawang Air Putih diambil dari sebuah aliran air yang ada dihutan Rawang Air Putih. Rawang disini bisa juga disebut sebagai rawa dalam bahasa Indonesia. Sebelum ada parit kanal dibuat seperti sekarang, rawa tersebut selalu berair dan tidak pernah kering meskipun kemarau panjang.

Asal usul nama Kampung Rawang Air Putih di Siak


Rawa tersebut airnya jernih dan menjadi sumber air bersih bagi masyarakat Kampung Rawang Air Putih pada masa dahulu. Disaat kemarau panjang sekalipun, air di rawa ini selalu mengalir dan tidak pernah kering.

Tak heran hutan disekitar kawasan rawa ini banyak orang yang membuka hutan untuk dijadikan ladang. Mengapa memilih membuka ladang didekat rawa? Jawabannya karena sumber air yang berlimpah. Jadi tidak perlu khawatir ladang yang tanami padi tidak akan kekeringan.

Rawa ini sampai sekarang masih ada dan masih mengalirkan air. Namun sekarang airnya sudah tidak sejernih dulu lagi. Karena rawa tersebut memiliki air yang putih, jernih dan bersih maka dipilihlah nama Rawang Air Putih sebagai nama kampung.

Dulu bernama Desa Rawang Air Putih atau DRAP, tapi sekarang sudah berganti menjadi Kampung Rawang Air Putih. Jadi dari desa berganti menjadi kampung.

Besar kemungkinan Kampung Rawang Air Putih dimasa yang akan datang statusnya menjadi Kelurahan Rawang Air Putih. Tapi ini masih lama, butuh waktu dan proses yang panjang untuk sampai kesini.