Apa arti kata Lambe Turah?

Lambe Turah sendiri adalah 2 kata dalam bahasa jawa, lambe artinya bibir dan turah artinya sisa atau kelebihan, jadi menurut saya lambe turah ini maknyanya adalah bibir berlebihan atau biang gosip, biang berita, tukang menambah-nambahkan kabar berita (seperti media).

Sumber: prokontra-berita.blogspot.co.id/2016/09/lambe-turah-sosok-netizen-pengecut-yang.html


"Lambe turah" memang berasal dari bahasa Jawa. Lambe artinya "bibir", sedangkan turah artinya "sisa, tersedia melimpah". Istilah ini dapat dibahasa-Indonesiakan sebagai "bibir yang sanggup mengeluarkan kata-kata melimpah", atau lebih tepatnya: "banyak bicara". Adapun konotasinya adalah negatif.

Sumber: id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110719075034AAZ6wtZ


Lambe turah adalah istilah julukan dalam Bahasa Jawa yang dikenal sejak dulu. Lambe sendiri memiliki arti bibir, sedangkan turah memiliki arti berlebihan. Lambe turah memiliki arti kebanyakan membicarakan seseorang sampai informasinya "tumpah-tumpah" karena berlebihan.

Sumber: hype.idntimes.com/entertainment/bayu/apakah-kamu-punya-lambe-turah-cek-di-sini/full


Jadi jika disimpulkan, Lambe Turah adalah istilah yang berasal dari bahasa Jawa. Istilah Lambe Turah sering diperuntukkan bagi mereka yang suka dan berlebihan dalam membicarakan gosip atau aib orang lain.

Sekarang ini nama Lambe Turah ini dipakai oleh akun gosip anonim di Instagram. Akun gosip Lambe Turah merupakan akun gosip yang berpengaruh di Indonesia karena memiliki banyak fans, pengikut atau followers. Followers akun Lambe Turah juga dikenal militan, loyal dan aktif memberikan tanggapan. Bahkan sumber informasi akun Lambe Turah banyak yang berasal dari followersnya.

*)